Mengenal Propolis Trigona atau Propolis Klanceng NANO PT. QolbiHerbs.
 

Mengenal Propolis Trigona atau Propolis Klanceng.

Mengenal Propolis Trigona atau Propolis Klanceng.

Propolis berasal dari bahasa yunani. Kata “Pro” berarti sebelum dan kata “polis” berarti kota. Jadi, kata propolis bermakna sebelum kota. Sedangkan, menurut istilah propolis bermakna pelindung sebelum sarang lebah dari musuh alaminya. Propolis adalah terompet trigona yang digunakan pertama kali oleh Plato untuk mengobati penyakit radang di luar tubuh. Aristoteles seorang bapak kedokteran yunani murid dari Plato menulis bahwa “Propolis dapat mematikan bakteri dan fungi”. Berbeda dengan raw propolis, raw propolis adalah propolis yang masih belum diproses ekstraksi baik metode basah ataupun metode kering.

Menurut Ibnu Sina propolis dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kelas, yaitu: kelas A berwarna hitam pekat, kelas B berwarna abu-abu, kelas C berwarna coklat tua, kelas D berwarna coklat kekuningan, dan kelas E coklat lengket. Sekarang, istilah propolis berubah menjadi semua resin yang dikumpulkan oleh klanceng dapat berupa terompet klanceng, perekat dipintu masuk, pot madu, pot polen dan penyangga telur muda. Adapun kegunaan propolis dalam kehidupan klanceng adalah sebagai berikut:

  • Melindungi sarang dari pemangsa.
  • Pembungkus madu.
  • Bahan fermentasi polen.
  • Bahan baku perbaikan sarang.
  • Pengawet musuh alami.
  • Sebagai senjata yang dilontarkan oleh klanceng ke musuh alaminya.

Keuntungannya, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memanen propolis asal vegetasi di sekitar tempat budidaya terdapat tanaman penghasil resin yang tinggi seperti cemara, nilam, damar, kemenyan, kemedangan, gaharu, dan jeruk dalam jumlah yang seimbang dengan tanaman penghasil nektar. Waktu panen propolis 7 hari sampai 35 hari sudah bisa dipanen. Tergantung spesies klanceng yang dibudidayakan.

Kerugiannya, harga raw propolis sebelum diekstrak murah. Perlu modal untuk menanam pohon-pohon penghasil resin dan penghasil nektar sepanjang tahun dalam jumlah banyak.

Perbedaan warna pada propolis seperti coklat, kuning, hijau menunjukkan perbedaan kualitasnya.

#Propolis Trigona atau Propolis Klanceng

Propolis trigona adalah salah satu propolis yang ekstrak dari lebah jenis lebah trigona, yaitu lebah-lebah kecil berwarna hitam seperti lalat, yang keluar masuk bergantian. Koloni lebah tanpa sengat alias klanceng yang bernama ilmiah Trigona sp tersebut bersarang pada sepotong bambu kering. Produksi propolis dari lebah trigona  terhitung lebih rendah dibandingkan madunya.

Propolis trigona berwarna coklat lebih gelap dari madu lainnya dan mengandung flavonoid dengan kadar tinggi, yang membantu meningkatkan sistem imun. Flavonoid merupakan komponen tumbuhan yang memiliki sifat sebagai bahan-bahan antijamur, antibakteri, antivirus, antioksidan dan anti-inflamasi yang berkualitas tinggi. Selain itu juga Propolis yang dihasilkan lebah trigona mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, serta asam amino esensial.

#Manfaat Propolis Trigona atau Propolis Klanceng

  • Aktivitas Antibakteri
    Propolis terkenal karena memiliki kualitas dan aktivitas antibiotik alami yang tinggi. Propolis dapat dengan efektif menghambat pertumbuhan bakteri jahat, jamur dan virus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan, mereka menyetujui bahwa propolis cukup kuat dalam menghambat pertumbuhan mikro-organisme yang merugikan.
  • Aktivitas Antivirus
    Para ahli kesehatan menemukan bahwa propolis efektif menghentikan aktivitas virus pada kelenjar ludah, termasuk virus tipe A dan tipe B yang menyebabkan Flu, Corona virus dan jenis-jenis virus lainnya.
  • Aktivitas Anti Jamur
    Ekstrak Propolis dapat menghambat pertumbuhan 17 jenis jamur pada kulit. Pada saat digunakan bersama-sama dengan obat-obatan anti jamur, ia memiliki efek anti jamur yang lebih baik.
  • Aktivitas Sitotoksik
    Propolis memiliki aktivitas sitotoksik yang sangat besar terhadap sel kanker termasuk sel kanker pada hidung, rahim, payudara, ginjal, usus besar, dan lain-lain. Aktivitas Propolis yang utama adalah propolis secara selektif membunuh sel yang tidak normal dan tidak akan menyebabkan efek toksik terhadap pertumbuhan sel normal.
  • Antioksidan
    Kandungan flavonoid propolis memiliki kekuatan antioksidan dan sudah terbukti dapat melawan radikal bebas serta melindungi lemak dan komponen-komponen lain seperti vitamin C dari kerusakan dan proses oksidasi. Dan kemungkinan yang lain Propolis memberikan efek sebagai anti penuaan dan mencegah kerusakan sel.
  • Mengaktifkan Enzim dan Anti-inflamasi
    Propolis terbukti merangsang berbagai macam enzim, metabolisme sel, sirkulasi dan pembentukan kolagen, serta mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar.

#Bahan Baku Propolis Trigona Nano atau Produk propolis Trigona bersertifikat BPOM.

PT. Qolbiherbs menyediakan propolis trigona NANO kualitas terbaik dengan sediaan berbeda dari penyedia lain di Indonesia. Di PT. Qolbiherbs jenis propolis ini bisa Anda didapatkan dalam bentuk bahan baku propolis trigona dan juga bisa dalam bentuk produk bermerek yang sudah jadi berupa produk propolis trigona bersertifikat BPOM melalui kerjasama jasa maklon propolis trigona.



Isi Nama, Email, dan No. HP Aktif Anda dan kami pastikan Anda akan Chat langsung ke marketing kami dengan pelayanan terbaik.