Propolis Terbukti Hambat Virus Covid-19 “menempel”

Propolis Terbukti Hambat Virus Covid-19 “menempel”

Propolis sudah sejak lama dipercaya oleh para peneliti dalam mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit terutama karena senyawa antioksidan dan IMUNOMODULATOR yang dikandungnya. Antioksidan mengatasi radikal bebas, sedangkan imunomodulator meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa imunomodulator dalam Propolis yang berupa deretan Polifenol terutama flavonoid dapat membantu meningkatkan produksi serta aktifitas sel-sel imun. Propolis dapat memacu aktifitas makrofag sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Peneliti UI menemukan bahwa senyawa propolis yang dihasilkan lebah terbukti memiliki komponen penghambat alami untuk menghasilkan obat virus corona dengan efek negatif minimal terhadap tubuh manusia.

Saat ini beberapa negara tengah mengembangkan obat dan vaksin untuk Covid-19. Salah satunya China yang mengembangkan obat berdasarkan penelitian dipublikasikan Prof. Yang dari Shanghai Tech University pada Januari 2020.

Dalam penelitian itu Prof. Yang berhasil memetakan struktur protein virus Corona dimana ditemukan bahwa virus corona penyebab COVID-19 harus menempel pada sel hidup (dalam hal ini paru-paru manusia) sebelum menyuntikkan struktur genetiknya pada sel hidup tersebut untuk berkembang biak. Untuk memutus aktivitas ini, dikembangkan senyawa kimia penghambat bernama N3 sebagai alternatif obat untuk COVID-19.

Ternyata, propolis memiliki sifat menghambat proses menempelnya virus terhadap sel manusia yang mirip dengan senyawa N3. Diketahui tiga dari Sembilan senyawa dari propolis mampu berikatan dengan covid-19 sehingga akan menghalangi virus tersebut untuk melekat pada sel tubuh manusia (sel paru-paru) untuk berkembang biak.

Nano Brazillian Propolis dibuat dari propolis terbaik dengan teknologi nano, sehingga menghasilkan propolis dengan ukuran sangat kecil (12 nm) sehingga mampu melekat pada covid-19 yang berukuran 60-140 nm dan menghalanginya untuk menempel pada sel tubuh.

BACA JUGA : Pencegahan Infeksi Virus Covid-19 dengan Propolis Brazil 12 nm

Sumber : Peneliti UI Cari Alternatif Obat Virus Corona dengan Propolis